Sabtu, 28 Juni 2014

Komika Paling Unik, Menarik Dan Terfavorit

"Selamat malam kawula muda ... "
Ada yang udah pernah dengar penggalan dari kalimat diatas? Kalau kalian yang sering nonton SUCI pasti tau dong! Yapp .. Kalimat tersebut pernah diucapkan oleh salah seorang komik yang pernah tampil di "Stand Up Comedy Indonesia" atau biasa disebut dengan "SUCI". Memang, acara ini menjadi salah satu tontonan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena memang acaranya yang menghibur dan berkualitas.
Juga menjadi salah satu tempat bagi mereka, orang-orang yang berbakat dan absurd untuk unjuk kebolehan dalam hal melawak. Acara SUCI sendiri sudah banyak melahirkan komik-komik berbakat dari semua pelosok nusantara, seperti Ryan Adriandhy, Gilang Baskara, Ernest Prakasa, Babe Cabita, Kemal Pahlevi, Ge Pamungkas, David Nurbianto, Abdur Arsyad, dan masih banyak lagi komik-komik berbakat lainnya.
Nah, kali ini saya akan ngebahas tentang beberapa komika-komika unik, menarik dan menjadi idola bagi masyarakat Indonesia karena materi yang disampaikan dan all out mereka ketika stand up emang dinilai beda dari yang lain, trus aneh dan pastinya lucu banget deh .. Oke langsung nih kita simak, Cekidot!



1. Yudha Keling



Yang pertama, salah satu komika unik dan bertalenta memiliki nama asli Yudha Ramadhan namun kerap dipanggil Yudha Keling. Lahir tanggal 28 Februari 1994 dan bertempat tinggal di Citayem. Pria yang sering menjadi bahan ledekan Raditya Dika ini awalnya hanya seorang penonton stand up comedy, tapi setelah mendalami dunia perlawakan dan berkali-kali ikutan open mic, dia akhirnya bisa dikenal oleh banyak orang ketika menjadi salah satu finalis Stand Up Comedy Indonesia Season 4 yang tayang di Kompas tv. Salah satu keunikan dari komika ini adalah materi yang ia bawakan bertema "self destruction" yaitu dengan meledek kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya sendiri, sehingga setiap kali stand up maka materi yang ia bawakan berupa ledekan-ledekan tentang diri pribadinya sendiri. Tapi karena itulah para penonton yang menyaksikan aksinya itu, justru dibuat tertawa berbahak-bahak ketika ia meledek dirinya sendiri sehingga tidak sedikit orang yang bilang bahwa Yudha Keling adalah salah satu komik yang paling absurd yang pernah ada.
Salah satu jokenya :
"Gua ini rada sebel misalkan gua lagi nongkrong malem-malem sama temen gua pasti ada aja temen gua yang bilang gini : "Lo kalo ketemu setan jangan takut, bukannya lu tapi setannya yang takut trus kabur ketemu lu" Katanya setan kabur ketemu gua, padahal kemaren gua ketemu setan, setannya gak kabur, dia malah ngerangkul gua trus bilang ... Kaukah anakku yang hilang ..."



2. Fico



Ada lagi nih salah satu komika yang dijamin beda dari komika-komika lainnya. Ya, nama lengkapnya Fico Fachriza, komika Indonesia yang satu ini mengawali karier lawaknya melalui acara Stand Up Comedy Indonesia pada tahun 2013, awalnya dia hanya penonton setia SUCI, tapi ia langsung masuk SUCI season 3 bahkan berhasil menjadi runner-up dikompetisi tersebut, itu semua karena gaya lawaknya yang khas ..  
Salah satu yang menjadi keunikan pada Fico yang pertama adalah dari salamnya. Dia bilang "Assalamualaikum!" Fico mengucap salam dengan sangat biasa dan natural, dengan sedikit polos, gak tau apakah disengaja atau memang pembawaan, tapi ini berhasil membuat penonton tertawa. Kedua, ketika diatas panggung ia ibarat robot tanpa program, itu karena pembawaan materinya yang random seperti : pacaran sama botol kecap, ngomong sama ubin, berantem sama gusi, sampai ngobrol sama awan! Tapi karena itulah yang menjadi puncline/klimaks dari seorang Fico dan berhasil membuat para audience menjadi tertawa lepas karena meskipun materinya diambil dari hal-hal yang sepele, tapi Fico mampu mengemasnya dengan sangat lucu dan tidak terduga.
Salah satu jokenya :
"Menurut gw, alarm itu gak punya perasaan, waktu itu kan gw setel dia jam 5, trus gw kan begadang sampe jam 4 ... Baru tidur sebentar eh dia udah nyala, ya kan gw masih ngantuk ... Ngeselin, emang ngeselin, makanya gw gk pernah suka pake dia lagi."



3. Dzawin



Satu lagi nih guys, komika unik yang banyak mengundang banyak tawa dari penonton dan membuat mereka semua geleng-geleng kepala (termasuk saya). Dia adalah Dzawin, nama lengkapnya Dzawin Nur Ikram, berasal dari Bogor dan saat ini ia belajar di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullal mengambil program studi Tadris Bahasa Inggris S-1. Salah satu keunikannya dibanding komika lainnya adalah Dzawin dapat membawakan materi tentang politik, pendidikan, sampai kehidupan disekitar dunia pesantren yang dikemas secara cerdas, berkualiatas namun tetap konyol. Ia diibaratkan seperti seorang arsitek yang berhasil membangun sebuah gedung berkualitas terbaik dengan semen pilihan dan batu bata jempolan. Lalu, dengan mudah ia menghancurkannya melalui puncline semi-absurd gak jelasnya sehingga terciptalah sebuah materi khas yang belum pernah dibawakan oleh siapapun. Dzawin sendiri adalah komika yang pernah menimba ilmu dipesantren, jadi banyak bahan lawakannya yang berbau pesantren sehingga ia dijuluki sebagai komika syariah. Dzawin mempunyai skill yang bagus dalam mengemas dan menyampaikan materi, tak heran jika ia lolos di tiga besar Stand Up Comedy Indonesia Season 4.
Salah satu jokenya :
"Dari sekian banyaknya acara tv yang ada, gua paling kesel sama acara tv pesantren rock and roll .. katanya pesantren yang gaul, emang pesantren yang gaul itu kayak gimana sih? kayak gimana? Baju kokonya beli di distro? Pake sarung, sarungnya beggie? Kalau anak smp yang gaul pake topi, topinya dikebelakangin .. Kalau anak santri yang gaul gimana? pake peci, pecinya dikebelakangin? Ya sama aja!"




4. Arie Kriting



Orang pertama yang berasal dari Timur dengan melakukan stand up yang menggelitik dan menghibur khas orang Timur. Dia adalah Arie Kriting, nama lengkapnya Satriaddin Maharinga Djongki, berasal dari Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ia menjadi populer sejak menjadi juara ketiga di ajang Stand Up Comedy Indonesia Season 3. Kelebihan yang ia miliki adalah selalu membawakan materi stand up yang fresh dan baru tentang kehidupan orang timur dan segala kekurangannya yang jarang dibahas oleh komika lainnya. Selain itu, ia juga bisa membawakan materi rumit/berat sekalipun, jadi berasa enteng olehnya dan setiap kali show, Arie Kriting juga selalu menyelipikan pesan moral serta kritik sosial didalam materinya. Sehingga selain lucu, para penonton juga akan mendapat pesan moral dari Arie tentang bagaimana kehidupan yang sebenarnya di wilayah timur sana.
Salah satu jokenya :
"Gara-gara Stand Up Comedy, keluarga saya yang ada timur sana jadi lebih perhatian sama saya. Kemaren saya punya om ditelpon : 
om saya            : "Anak! kau kirim ini dulu, kau punya rekaman stand up comedy!"
saya                 : "Oke om, pokoknya saya kirim bagaimana ini?"
om saya          : "Kau kirim saja lewat pos!"
saya               : "Om begini saja, lebih bagus om buka di youtube"
om saya        : " ooo ... jangan anak, jangan anak! lebih bagus lewat pos saja!"
saya             : "Lho memangnya kenapa om?"
om saya      : "Kalau kau kirim lewat pos itu 3 hari sudah sampai! Kita sudah bisa tonton ... Tapi                                                kalau kau buka youtube, itu bufferingnya bisa sampai 1 minggu ..."




5. Dodit



Nah, pasti udah tau kan sama komika yang satu ini, yang akan membuat tawa kamu semakin kencang setiap detiknya! haha, Iya kamu ... :D
Dia adalah komika yang anti mainstream dan lawakannya sangat pantas dijadikan tontonan serta tuntunan bagi masyarakat luas. Nama lengkapnya adalah Dodit Mulyanto biasa dipanggil Dodit, kota asalnya di Blitar, dan pekerjaannya adalah sebagai seorang guru di SMP Katolik Santa Clara. Nama Dodit Mulyanto mulai muncul ke permukaan ketika ia menjadi finalis di Stand Up Comedy Season 4. Di atas panggung SUCI 4 sendiri, Dodit dikenal dengan identitas yang khas yaitu selalu membawa biola, tampangnya yang ndeso, kalem dan tanpa ekspresi. Slogan "pemuda asli Jawa namun keluarganya memegang erat budaya Eropa" ini juga terdengar sangat khas dan cuma Dodit lah yang mempunyai kata-kata seperti itu. Dodit juga memiliki keunikan dengan salam sapanya ketika melawak tiap kali ia show. Setiap kali dia tampil, baru menyapa saja penonton sudah langsung dibuat tertawa. Contohnya adalah ketika ia menyapa penonton dengan mengucapkan "selamat malam masyarakat", "selamat malam kawula muda", "selamat malam muda mudi masa kini" dan masih banyak lagi salam sapa yang dilakukannya ketika ia tampil stand up. Selain itu, ciri khas lainnya yang ada pada Dodit adalah logat jawanya yang ndeso, dengan ciri khas yang ndeso ini, Dodit benar-benar mengguncang panggung SUCI 4. Jadi, menurutnya ndeso itu adalah style!
Salah satu jokenya :
"Saya menemui di Jakarta ini banyak pembantu yang berasal dari Jawa, itu yang membuat dia dibikin di film. Padahal di Jawa itu orangnya mandiri semua dikerjakan sendiri, tidak ada orang di desa saya itu yang butuh pembantu ... Lha wong semuanya pembantu ..."



Oke guys, mungkin itu saja beberapa sajian tentang komika-komika unik, menarik dan tervaforit. Sebenarnya masih banyak lagi komika-komika berbakat di luar sana yang mungkin memiliki lawakan yang lebih fresh lebih konyol lebih absurd dan lebih unik lagi. Karena semakin boomingnya acara Stand Up Comedy Indonesia, maka otomatis akan semakin banyak orang-orang yang tertarik dan mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Apakah termasuk kalian juga? Semoga ..

*Salah satu cara untuk melepaskan segala kejenuhan dan kebosanan dalam diri kita adalah dengan menghibur diri sendiri dan juga orang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar